10 Tempat Menarik Yang Wajib di Kunjungi Di Medan Dan Sekitar Sumatera Utara




1. Istana Maimun

 Istana Maimun sangat terkenal karena merupakan peninggalan Kerajaan Deli, sebuah istana yang berwarna kuning berdiri megah di tengah Kota Medan. Lokasi Istana Maimun di Jl. Brig. Katamso Kel. Sukaraja Kec. Medan Maimun, Medan sangat mudah untuk dijangkau karena terdapat banyak transportasi umum dan letaknya di tepi jalan Katamso dan kelihatan dari depan jalan sehingga mudah untuk di akses.

Pengunjung bisa menikmati koleksi dari Istana yang berasal dari masa lalu namun masih utuh seperti foto Sultan beserta seluk beluk sejarah Kerajaan Deli, dan terdapat Singgasana Sultan yang mewah. Untuk menambah wawasan tentang Kerajaan Deli dan menikmati nuansa tempo dulu, Istana Maimun bisa jadi referensi untuk wisata dan menikmati hari libur di kota Medan cukup membayar Rp5.000 saja maka bisa masuk ke dalam Istana Maimun.

Jika Sobat ingin memakai baju khas melayu sobat bisa menyewakannya dan bisa langsung mengabadikan untuk kenangan dari istana maimun. 

2.       Masjid Raya Medan

Kalau ke Medan jangan lupa untuk mengunjungi Masjid Raya Medan yang merupakan icon Medan. Masjid Raya Medan merupakan masjid yang megah dan besar yang merupakan rumah ibadah umat Islam.

Nama lain dari Masjid Raya Medan ialah Masjia Raya Al Mashun yang berdiri pada tanggal 21 Agustus 1906 yang berbentuk octagonal dan memiliki kubah sebanyak lima buah dengan warna putih dengan kubah berwarna hitam dan membawa kesan yang menakjubkan.

Dari istana maimun sobat bisa langsung mengunjungi masjid disini, skalian melaksanakan sholat atau sambil istirahat, karena letaknya sangat dekat dari istana maimun. Masjid Raya medan terletak di Jl. Sisingamangaraja Medan. Tidak jauh dari Istana Maimun cukup berjalan kaki sekitar 200 meter.


3.       Danau Linting

Salah satu Danau unik yang bisa dikunjungi di sekitar Medan ialah Danau Linting yang meiliki warna hijau dan biru ayng disekelilingnya terdapat batu cadas. Danau Linting berlokasi di Kec. STM Hulu desa Sibunga-bunga Hilir Kabupaten Deli Serdang sekitar 2 jam dengan motor.

Danau mungil yang memiliki nuansa mistis namun menyejukkan karena disekelingnya terdapat pepohonan dengan akar yang panjang, mistis sekaligus mempesona! Sobat pasti suka dengan suasana Danau Linting dengan udara yang sejuk dan damai. Cocok untuk tempat refreshing di hari libur!

4.       Air Terjun Sipiso-piso Tongging

Air terjun Sipiso-piso Tongging yang mistis  berada sekitar 135 km dari Brasatagi. Air terjun Sipiso-piso Tongging memiliki ketinggian 120 meter dan dekat dengan Gunung Sipiso-piso . Keindahan air terjun ditambah pemandangan Danau Toba yang indah serta matahari di air terjun menambah keindahan air terjun Sipiso-piso Tongging.

Air terjun sipiso-piso Tongging memiliki tantantang tersendiri, Sobat harus melewati skitar 1000 anak tangga untuk menuju kelokasi wisata ini. jadi harus siapkan stamina yang cukup. Dengan anak tangga yang berliku-liku bahkan curam, perjalanan ini kira-kira memakan waktu setengah jam.

Air terjun Sipiso-piso Tongging sangat indah karena pemadangan luar biasa indah dari Danau Toba yang bisa dilihat di tengah bukit Sipiso-piso Tongging yang disekelilingnya berwarna hijau oleh tumbuhan berpadu dengan biru Danau yang disekelilingnya lembah yang menakjubkan.

Tempat ini sangat  rekomendasi untuk mengunjungi Air Terjun Sipiso-piso karena keindahan air terjun dengan Danau Toba sehingga aku tak salah menyebutnya sebagai salah satu pariwisata yang wajib dikunjungi di daerah Sumatera Utara.

5.       Sibayak dan Gunung Sinabung

Kalau yang satu ini ialah destinasi pegunungan yang ada di sekitar Medan tepatnya di daerah Brastagi sekitar 2 jam dari Medan dengan bus. Sibayak merupakan Gunung Merapi yang disebut juga dengan Gunung Raja. Disekitar Gunung Sibayak bisa melihat perkampungan penduduk.

Selain itu ada juga Gunung Sinabung yang terletak di Kabanjahe yang merupakan gunung merapi aktif yang meletus di akhir tahun 2013 silam. Sobat bisa merasakan sensasi yang luar biasa, karena di lokasi ini sangat dingin.

Jadi sobat jika berkunjung kesini sediakan sarung tangan dan pakaian yang tebal karena sangat dingin, Disana banyak sekali terdapat buah-buahan yang segar, biasanya strauberry, dan terdapat juga kebun jeruk yang sangat terkenal.

6. Penangkaran Buaya Asam Kumbang Medan

Dimedan ada kolam yang semuanya diisi dengan buaya, kolam ini bisa dilihat di penangkaran Buaya asam Kumbang Medan. dilokasi ini kita bisa melihat ratusan bahkan ribuan buaya jenis rawa. Bahkan disana kita bisa melihat buaya yang umurnya sekitar 70-an tahun.
Jika Sobat ingin melihat penangkaran buaya silahkan kunjungi tempat ini...

7.       Rahmad Gallery

Dirahmat galery Sobat bisa melihat hewan-hewan yang di awetkan dari berbagai daerah bahkan manca negara, Rahmat Galery adalah mesium yang menyimpan hewan-hewan yang diawetkan.

Sobat tak usah kuatir, hewan-hewan yang diawetkan disini bukan hewan yang masih hidup lalu dibunuh lalu di awetkan, tetapi hewan yang memang sudah mati kemudian diawetkan, Disini sobat bisa menambah wawasan tentang satwa karena Rahmad Gallery memiliki sekitar 1000 spisies.

Jika sobat ingin berkunjung ke   Lokasi Museum Satwa Internasional Rahmat di Jl. S. Parman Medan dengan harga tiket masuk Rahmat Galleri sebesar Rp25.000 untuk dewasa.


8.       Kampung Keling/Kampung Madras Medan

Kampung Keling atau sekarang yang disebut dengan Kampong Madras ialah nama sebuah tempat yanga da di Medan yang memiliki penduduk India yang besar. Tak jauh dari Sun Plaza Medan terdapat sebuah kuil yang unik berwarna kuning keemasan.

Kampung Keling bisa juga disebut Litte India nya Medan. Kalau yang doyan India boleh deh datang ke Kampung Keling maka hidung mancung akan bertaburan di sekitar Kampung Keling :)

9.       Air Terjun Telaga Dwi Warna Sibolangit

Sibolangit yang berjarak 2 jam dari Medan dengan motor atau bus merupakan tempat pegunungan yang sejuk dan penuh dengan tempat wisata yang menarik dan cocok untuk travellers penyuka alam. Salah satunya ialah Air Terjun Telaga Dwi Warna yang berada di dalam hutan Sibolangit.

Disebut Dwi warna karena air terjun terdiri dari dua dengan dua warna yang berbeda. Yang satu air terjunnya dengan warna air berwarna biru yang arinya dingin dan satunya lagi tak jauh dari air terjun dingin terdapat air terjun yang hangat yang berwarna putih.

Untuk sampai dilokasi ini memang butuh perjuangan dan tantangan, Sobat harus melewati hutan selama 3 jam berjalan kaki, jadi memang harus memiliki jiwa petualang yang kuat. Agar sobat tidak tersesat sebaiknya sewa guide yang sudah pernah dan mengetahui daerah tersebut.

Perjuangan Sobat yang melewati gunung dan jalanan yang curam akan terbayar saat itba dilokasi ini, mata sobat akan dimanjakan dengan pemandangan yang takjub dengan air terjun yang biru nan indah.

10.Bukit Lawang

Untuk wisata alam, cobalah Bukit Lawang yang berada di lokasi Taman Leuser yang terkenal dengan orang utan. Kita bisa melihat orang hutan di Bukit Lawang, orang hutan di alam bebas yaitu di hutan atau hanya sekedar untuk feedings monkeys.

Kebanyakan turis mancanegara singgah kesini dan mecoba menjelajah hutan liar Sumatera. Jarak Bukit Lawang dari Medan ialah 80 km dan menuju kesana melalui kota Binjai. Disekitar Taman Lauser ada Sungai Bahorok dan sebuah jembatan yang besar dan daerah bisa merasakan suasana hutan dan pedesaan.

Share this article :
+
Previous
This is the oldest page
0 Komentar untuk "10 Tempat Menarik Yang Wajib di Kunjungi Di Medan Dan Sekitar Sumatera Utara"